Pakan Ayam Bangkok Untuk Ayam Aduan Murah Bernutrisi

pakan ayam, makanan ayam sederhana, pakan ayam petarung, pakan ayam siam

Untuk mendapatkan pertumbuhan ayam bangkok yang baik perlu mendapatkan asuapan yang sesuai dengan tahapan usianya. Ayam dengan usia dibawah 3 bulan harus mendapatkan makanan dengan jenis, jumlah, dan komposisi yang berbeda dengan ayam bangkok usia 6 bulan, begitupun seterusnya.

Ketika masa pertumbuhan, ayam bangkok membutuhkan asupan gizi yang cukup pada pertumbuhannya oleh karena itu harus diberikan makanan yang bagus dan sehat sehingga memiliki kualitas ayam bangkok yang super. Terdapat komposisi pakan yang bagus yang terdapat beberapa unsur didalamnya seperti diantaranya adalah mengandung protein 20%, lemak 3,0% serat 6,0%.

Pakan Ayam Bangkok

Makanan terbaik untuk ayam bangkok dari kecil sampai dewasa.

1. Pakan anak ayam bangkok umur dibawah 3 bulan

ayam bangkok, anak ayam bangkok, pakan ayam aduan, anak ayam siam

Anak ayam bangkok hingga usia 3 bulan akan mengalami pertumbuhan pada sistem gerak tubuh yang signifikan. Tulang dan ototnya tumbuh secara maksimal dan tidak akan berulang lagi saat dewasa. Oleh karena itu, makanan yang diberikan sebaiknya adalah makanan-makanan yang mengandung nutrisi penunjang pertumbuhan.

Makanan yang paling direkomendasikan bagi ayam bangkok pada usia ini adalah voor 592, atau masyarakat kita lebih mengenalnya dengan nama pur tulang. Voor 592 mengandung kalsium tinggi sehingga sangat cocok untuk pertumbuhan tulang ayam yang kuat.

Agar anak ayam cepat besar, makanan berupa pur tulang juga dapat dicampur dengan susu bubuk bayi kadaluarsa. Teknik ini sangat efektif hasilnya.

2. Pakan ayam bangkok umur 3-6 Bulan (Menengah)

ayam 6 bulan, ayam jagao, ayam petarung, pakan ayam bangkok super

Nah, pada usia 3-6 bulan, makanan yang tepat untuk diberikan pada ayam bangkok aduan adalah campuran voor 594 dan nasi putih. Perbandingan kedua jenis pakan ini bisa disesuaikan dengan pertumbuhan usianya. Semakin mendekati usia 6 bulan, komposisi nasi bisa lebih diperbanyak.

Pada usia 3-6 bulan, jangan lupa pula untuk memberikan ayam makanan yang teksturnya lebih keras agar mereka mulai belajar mengkonsumsi makanan-makanan alaminya. Selain itu, daun-daunan juga penting sebagai asupan serat bagi kelancaran sistem pencernaannya.

3. Makanan ayam bangkok umur diatas 6 bulan (fase dewasa)

ayam bangkok, ayam bangkok super, ayam birma, pakan ayam birma, pakan ayam petarung, makanan aayam adu bangkok

Memasuki usia dewasa, ayam bangkok bisa diberikan makanan-makanan yang lebih keras, layaknya makanan ayam pada umumnya. Jagung, dedak, bekatul, beras merah, beras biasa, gabah, dan kacang-kacangan bisa diberikan pada ayam bangkok usia ini. Akan tetapi, dalam pemberian jenis makanan tersebut, ada baiknya anda mempertimbangkan tipe ayam anda, apakah tipe petarung dari ayam aduan anda. Apakah ayam tipe pukul atau ayam tipe jalu.

Pakan Ayam Bangkok yang Bagus

5 Pakan ayam aduan yang sederhana dan bermanfaat untuk ayam peliharaan yaitu:

  1. Beras Merah
    Biasanya beras satu ini dianggap sebagai makanan raja pada dahulu. Di negara China beras merah diartikan sebagai beras terlarang (Forbiden Rice). Bukan tanpa alasan kenapa hanya di khususkan untuk para raja, karena pada masa itu hanya diperbolehkan keluarga kerajaan yang mengkonsumsi.
    Beda cerita apabila beras merah ini diberikan kepada ayam aduan loh! Biasanya beras merah ini diberikan kepada ayam yang sudah terbilang dewasa sekitar usia berjalan 7-9 bulan atau setelah pertumbuhan bulu selesai. Peran beras merah meliputi kadar protein yang tinggi, rendah lemak sehingga dapat membuat tubuh si aduan ayam menjadi padat dan tahan terhadap pukulan.
  2. Gabah
    Pemberian gabah termasuk juga memberikan kalsium yang tinggi pada ayam. Kalsium juga berperan aktif dalam memperkuat kekuatan tulang, jalu, sampai bulu ayam. Sebelum diberi makan sebaiknya gabah direndam terlebih dahulu agar padi yang kosong terpisah dengan padi yang berisi. langkah selanjutnya adalah jemur kembali sampai kering.
  3. Jagung
    Jagung berperan memberikan kandungan karbohidrat yang tinggi buat ayam bangkok aduan. Perlu anda ingat, pemberian jagung yang dimaksudkan bukan jagung bulat, melainkan jagung yang sudah pecah atau biasa disebut beras jagung.
  4. Essen (Sari Makanan)
    Sebagai makanan tambahan, biasanya ayam diberikan essen menggunakan campuran sisa nasi agar pertumbuhan badan lebih besar sekaligus menghemat pengeluaran. Makanan tambahan untuk ayam aduan dewasa biasanya bisa juga berupa sayuran seperti kangkung, sawi, ujung rumput ilalang, tomat, daun pepaya, kecambah, daging dan jenis sayuran lainnya.
  5. Voor (Pur Tulang)
    Voor/Pur ini juga merupakan campuran dari berbagai makan yang di khusus-kan buat ayam petarung. Pemakaiannya termasuk sama dengan cara pakan essen yang keempat. Hanya perlu dicampurkan kedalam nasi sisa. gampang bukan?

Demikianlah sekilas gambaran mengenai pengaturan jenis, jumlah, dan komposisi makanan ayam bangkok sesuai dengan umurnya. Anda bisa mencobanya untuk ayam bangkok aduan anda di rumah dan bisa juga sesuaikan dengan kondisi ayam masing-masing.

Video Cara Membuat Pakan Ayam

video memanfaatkan sisa makanan seperti sisa nasi, dedak padi, potongan sayuran dan buah dari pasar, rerumputan, gedebog pisang, dan rempah-rempah sebagai pakan. Serta bernutrisi tinggi, steril, dan sehat alami.